Rabu, 01 Mei 2013

KEPALA SEKOLAH SEBAGAI EMASLIM

1. Kepala Sekolah sebagai EDUCATOR
Kepala Sekolah sebagai Educator / Pendidik bermakna sebagai sebuah proses pembentukan karakter yang didasari nilai – nilai dari Esensi Pendidikan. Proses Penbentukan Karakter didasarkan , pada :
- Alat Pendidikan
- Kewibawaan
- Keteladanan Kasih Yang Tulus
- Penguatan , dan
- Ketegasan Yang Mendidik.


Dalam konteks kependidikan dimana Kepala Sekolah berperan sebagai Pendidik haruslah berorientasi pada tindakan :
- Bertindak sebagai Guru
- Membimbing Guru
- Membimbing Karyawan
- Membimbing Siswa
- Mengembangkan Staff
- Belajar IPTEK
- Memberi contoh mengajar
  
2. Kepala Sekolah sebagai MANAJER
Kepala Sekolah sebagai Manajer bermakna adalah seluruh kemampuan dalam mengelola sumber daya untuk mencapai tujuan institusi pendidikan secara efektif dan efisien melalui fungsi – fungsi manajerial, dengan bertindak dalam :
- Menyusun Program
- Menyusun organisasi kepegawaian
- Menggerakkan staff
- Mengoptimalkan Sumber Daya Manusia

3. Kepala Sekolah sebagai ADMINISTRATOR
Kepala Sekolah sebagai Administrator bermakna Kepala Sekolah adalah Insan yang mengatur Penatalaksanaan Sistem Administrasi pada bidang-bidang :
- Murid
- Kurikulum dan Pembelajaran
- Personil
- Keuangan
Tata Usaha
Sarana dan Prasarana
Hubungan Masyarakat,

dengan berorientasi pada program kegiatan :
Mengelola Administrasi KBM dan BK
Mengelola Administrasi Kesiswaan
Mengelola Administrasi Keuangan
Mengelola Administrasi Sarana / Prasarana
Mengelola Administrasi Komite Sekolah

4. Kepala Sekolah sebagai SUPERVISOR
Kepala Sekolah sebagai Supervisor adalah upaya – upaya dalam membantu dan mengembangkan profesionalitas guru, dengan berorientasi pada :
Teknik Individu
Kelompok
Kunjungan Kelas

Kegiatan – kegiatan yang dapat dilakukan dalam konteks Kepala Sekolah sebagai Supervisor , adalah :
- Menyusun program supervise
- Melaksanakan supervise
- Memanfaatkan hasil supervise

5. Kepala Sekolah sebagai LEADER
Kepala Sekolah sebagai Leader / Pemimpin , adalah upaya – upaya untuk mempengaruhi orang – orang untuk bekerjasama mencapai tujuan , dengan berorientasi pada tugas ( teori X ) dan berorientasi pada hubungan ( teori Y ).

Langkah – langkah dalam pemahaman Kepala Sekolah sebagai Leader adalah :
- Kemampuan menampilkan pribadi
- Kemampuan mengenal bawahan / peserta didik
- Kemampuan memahami visi dan misi sekolah
- Kemampuan mengambil keputusan
- Kemampuan berkomunikasi

6. Kepala Sekolah sebagai INOVATOR
Kepala Sekolah sebagai Inovator adalah pribadi yang dinamis dan kreatif , yang tidak terjebak pada suatu rutinitas. Pribadi yang inovator harus melakukan upaya – upaya :
- Kemampuan menemukan gagasan – gagasan baru/kekinian
- Melakukan pembaharuan di sekolah

7. Kepala Sekolah sebagai MOTIVATOR
Kepala Sekolah bertindak sebagai Motivator adalah Kemampuan memberi dorongan agar seluruh komponen pendidikan dapat berkembang secara profesional, dengan mengembangkan kemampuan :
Kemampuan mengatur lingkungan kerja
- Kemampuan mengatur suasana kerja
- Kemampuan menerapkan prinsip
- Penghargaan dan hukuman

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar