Selasa, 13 Maret 2012

Venus dan Jupiter Dapat Terlihat di Langit Malam

Kesempatan langka untuk melihat dua planet paling bercahaya, Venus dan Jupiter, tampil bersandingan di langit malam akan terjadi selama dua hari berturut-turut, ujar para astronom.

Pada langit malam yang cerah dari 12-14 Maret, para pengamat langit dapat melihat dua planet itu dalam jarak berdekatan, sekitar tiga derajat, meski pada kenyataannya jarak mereka berjauhan di luar angkasa.

Venus akan lebih terang dari pada Jupiter karena planet tersebut mendapat cahaya dua kali lebih banyak dari Matahari dan 50 kali lebih intens dari sinar matahari yang bersinar di Jupiter, menurut majalah Sky & Telescope.Venus juga tujuh kali lebih dekat ke Bumi dibandingkan Jupiter, yang lebih besar dari kedua planet itu dan mungkin akan tampil dua kali lebih besar dari Venus.

Setelah 14 Maret, Jupiter akan turun sampai tidak terlihat setelah matahari terbenam pada pertengahan April.

Bulan akan muncul pada 25 dan 26 Maret, dengan bentuk sabit dan dekat dengan posisi Jupiter di malam pertama, khususnya di Amerika Utara, dan Venus di malam kedua.

Untuk melihat secara live gambar kedua planet itu yang ditangkap oleh teleskop Slooh, Anda bisa menuju ke situs http://events.slooh.com.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar